ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


Pesantren Ekonomi Darul Uchwah
KH. Marsudi Syuhud sedang memberikan tausiyah kepada jamaah
Lantai dasar gedung Pesantren Ekonomi Darul Uchwah yang berlokasi di Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, bergemuruh. Sabtu (4/4) malam sekitar 150 orang jamaah melantunkan zikir, istighotsah, manaqib, dan Maulid Rasulullah SAW. Ketika pembacaan maulid memasuki bagian mahallul qiyam, mereka berdiri serentak sambil melantunkan kalimat "Ya Nabi salam a’laika ya Rasul salam a’laika". Tetabuhan hadrah membuat suasana semakin bersemangat.

Majelis tersebut rutin digelar setiap Sabtu malam pada pekan pertama bulan. Malam itu, tak hanya santri Pesantren Ekonomi yang hadir. Sejumlah pengusaha dari berbagai latar belakang dan sebuah yayasan keilmuan dari Malaysia ikut meramaikan perkumpulan.

Keislaman dan wirausaha pada malam itu terasa lebur menjadi satu. Hal ini sejalan dengan cita-cita pendiri pesantren. Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Marsudi Syuhud mengatakan bahwa pendiri pesantren ingin agar umat Islam memiliki keunggulan ekonomi. Sebab, saat ini mayoritas penduduk miskin di Indonesia ialah kaum Muslim.

Standar negara maju, kata Marsudi, memiliki wirausaha sedikitnya tujuh persen dari total seluruh jumlah penduduk. Singapura, negara jiran kita, sudah memenuhi standar itu. Sedangkan Indonesia, Marsudi menambahkan, jumlah wirausahawan baru mencapai 1,6 persen. "Pesantren ini bercita-cita mencetak pengusaha," ujar Marsudi kepada Republika.

Islam mengajarkan tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Artinya, orang yang memberi lebih baik daripada orang yang meminta. Marsudi mengatakan bahwa pesantren ingin membentuk santri berjiwa pembayar zakat dan pemberi sedekah. "Islam mengajarkan untuk membayar zakat bukan mencari zakat. Memberi sedekah bukan mencari sedekah," kata Marsudi.

Rasulullah SAW ialah teladan terbaik dalam urusan bisnis. Rasulullah SAW telah memulai bisnis dagang sejak usia belia. Sehingga sudah seyogianya jika umat Islam mengembangkan diri melalui wirausaha sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW.

Marsudi mengatakan bahwa Pesantren Ekonomi Darul Uchwah tengah mengembangkan usaha reksa dana yang dinamai House of Brotherhood Fund. Upaya menggalang dana investasi tersebut kini sedang dalam tahap pengurusan berkas dan secepatnya akan diluncurkan. Marsudi berharap upaya tersebut bisa menjadi lapangan nyata untuk para santri karena bisa bertemu dengan profesional yang menyuntikkan dana.

Dengan visi ekonomi yang mantap bukan berarti santri kehilangan sentuhan pesantren. Kegiatan pesantren pada umumnya tetap menjadi kurikulum dasar. Majelis zikir dan maulid pun digelar selayaknya tradisi pesantren.

Syarif, salah seorang santri asal Wonosobo, mengaku awalnya sempat keteteran mengikuti pelajaran ilmu ekonomi di pesantren. Syarif yang dulunya merupakan alumnus SMK jurusan mesin tidak terlalu mengetahui ilmu tersebut. Akan tetapi, lama kelamaan ia mulai merasa terbiasa dan menemukan celah untuk mengawinkan dua keahliannya itu.

"Saat ini, ya senang karena bisa kuliah sekaligus jadi santri juga," ujar Syarif yang merupakan mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Jakarta. Bahkan, Syarif mendapat beasiswa untuk mengenyam pendidikan perbankan syariah sekaligus mempelajari kitab-kitab dari pesantren yang belum pernah ia rasakan sebelumnya.

Pada perkumpulan malam itu pesantren juga mendapat kehormatan menerima kunjungan dari Yayasan Pengurusan Ilmu Malaysia. Direktur Yayasan Umar Azmun menyerahkan sejumlah buku tentang isu-isu muamalah kepada pesantren. Umar berharap pesantren bisa memberi pencerahan tentang tata cara menjalankan aktivitas ekonomi secara Islami. "Ekonomi saat ini banyak menghalalkan riba. Santri-santri saya harap bisa mengkritik betul-betul soal ini," katanya. n c71 ed: m akbar wijaya

Sumber : Republika Koran

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
This is the last post.

1 komentar:

  1. Ayo Dapatkan Uang Puluhan Juta Rupiah... Gabung disini Bandar Sabung Ayam Online Terbesar dan Terpercaya di indonesia, Kunjungi Website Kami Di Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda.

    BalasHapus


Top